Selasa, 09 Februari 2010

Left-handed Girl

Left-handed Girl adalah panggilan dari guru Inggris gw waktu kelas 1 SMA, atau yang sekarang lebih gaul disebut kelas X (sepuluh). Why??
Jelas alasannya kenapa gw bisa dipanggil demikian, karena gw adalah cewe yang dominan memakai tangan kiri (Left-handed) yang biasa dikenali dari cara menulis, dan akrab disebut KIDAL!hahaha..ya ya ya.. gw bisa dibilang kidal karena dalam melakukan beberapa hal gw memakai tangan yang tidak lazim dari orang2 pada umumnya..

Tapi taukah Anda semua bahwa banyak benda-benda di sekitar kita, yang kita gunakan setiap hari berorientasi pada tangan kanan??
aha..pasti gak banyak dari Anda2 yang menyadari hal itu..bahkan jika ditanya sekarang "Sebutkan barang yang dibuat khusus orang Right-handed!" pasti banyak yang ber-hmmm..hmmm hmmm.. dan hanya bisa menyebutkan satu-dua barang saja, atau sama sekali gak kepikiran barang2 itu ada kan?

Nah..berikut ini contoh barang-barang yang
Right-handed, dan sebenarnya..ada beberapa yang agak sulit dipake oleh orang-orang kidal (termasuk gw) :
  1. Benda pertama adalah alat yang saat ini sedang Anda gunakan untuk membaca post ini! hahaha.. bingung?? bingung?? Jawabannya adalah MOUSE! (kecuali yang lagi pake laptop tanpa mouse). Hampir seluruh orang di dunia ini memegang mouse dengan tangan kanan bukan? Jarang ada yang memakai mouse dengan tangan kiri, meskipun ia kidal. Tp ada lho setelan di komputer/laptop di bagian control panel-mouse yang menyediakan pilihan left-handed mouse, baik sekali yah..silakan dicoba setelan kayak gitu tuh..
  2. KAMERA. Semua kamera tombol "capture" nya pasti di sebelah kanan! bahkan di kamera jadul, yang masih memakai roll film, tuas pemutar rollnya juga di sebelah kanan. Perhatikan kamera2 anda, dari kamera jadul, digital, mainan anak2, sampai handphone yang punya tombol camera capture pun tombolnya di sebelah kanan! Nah..baru sadar kan?ckckck..
  3. Alat dapur dan makan. Untuk benda-benda yang ini, secara pribadi gw banyak menemui kesulitan. Contoh : alat pengupas kulit buah, harus pake tangan kanan, kalo pake tangan kiri bahaya; sendok/centong kuah yg punya 'moncong' di sebelah kiri (bayangkan sendiri jika tangan kiri yang dipake saat menuang air/kuah..lihat gambar); beberapa model gayung jg demikian; beberapa jenis teko teh, gambar/motif dicetak di bagian ujung teko menghadap ke kiri, jadi kalo tuang teko dengan tangan kiri, motifnya gak keliatan (ehm..yg ini agak sepele sih, tapi bener kan khusus Right-handed user); dll.. mungkin ada yang bisa menambahkan?
  4. Alat-alat tulis, terutama Highlighter..atau yang populer kita sebut Stabilo. Ujung stabilo tanpa sengaja terancang khusus untuk lancar digunakan oleh tangan kanan, cobalah menyetabilo sesuatu menggunakan tangan kiri..pasti susah bukan? *untuk kasus ini gw paling kesel waktu kecil, karena gak bisa mengoperasikan stabilo, akhirnya sekarang stabilo bisa beroperasi dengan tangan kiri, tapi arah meng-highlight nya dari kanan ke kiri..coba deh..* Tapi sepertinya stabilo sadar akan kesalahannya, kemudian mengeluarkan roller-highlighter dan stabilo khusus orang kidal, hehehe..mau liat seperti apa??linknya liat dibawah ya..
  5. Bangku kuliah!! (maaf kalo yang ini sedikit memakai emosi). Bangku kuliah yang bersistem praktis langsung menyatu dengan meja kecil didesain dengan sedikit tambahan tempat untuk menaruh tangan, sehingga ketika menulis, tangan tidak pegal atau lelah. Akan tetapi, apa jadinya jika yang duduk orang kidal?? saat menulis tangan akan menggantung bebas, tempat tangan kanan pun bebas tugas (seringkali gw gunakan buat naro hape dan kotas pensil kalo di kelas, hehehe). Untuk kasus ini sepertinya belum ada yang berbaik hati merancang bangku kuliah khusus orang kidal TT_TT
  6. lubang kunci motor selalu di kanan kan? atau ditengah..atau mungkin ada yang di kiri??
  7. Gitar, biola..
  8. masih banyak lagi. Mungkin ada yang bisa menambahkan??
perbedaan produk serutan left-handed dan right-handed :







Di luar semua barang yang agak memaksa orang-orang untuk memakai tangan kanan, ternyata di luar negeri ada lho toko2 yang khusus menjual barang-barang khusus bagi Left-handed. Gw kurang tau dimana tepatnya, tapi gw menemukan situs belanja online nya yang berpusat di Inggris, bisa diliat disini. Sungguh menakjubkan yah, mengetahui ini gw jadi terharu, hehehe..

Di postingan kali ini, gw akan sedikit berbagi pengalaman pribadi suka-duka yang unik sebagai orang kidal :
  • seperti judul postingan ini, dulu sebagai warga SMA baru, guru bhs.Inggris gw yang belum tau nama gw memanggil gw begini, "Hey you left-handed girl, answer number 7!" sejak saat itu, temen2 sekelas gw sadar kalo gw kidal dan gw jadi mahir membedakan arah dalam bahasa inggris LEFT=kiri, RIGHT=kanan, sebelumnya gw masih agak rancu akan dua hal itu..hohoho, asik juga kan? thx a lot buat Mr. Leo...
  • banyak yang terpesona, terheran2, terkejut, dsb ketika tau gw kidal. Reaksi yg selama ini gw terima dari orang2 sekitar bisa dikelompokkan dalam 3 jenis. Pertama : bilang "Wah, lu kidal toh,ckckck..kalo makan juga pake tangan kiri?" dan setelah dijawab "iya" pertanyaan berikutnya pasti "trus kalo abis BAB pake tangan kiri jg?" dan gw hanya bisa nyengir atau terdiam. Kedua : bereaksi agak berlebihan seperti ini "Wah!! kidal??!! waahh..kerenn...baru kali ini loh gw liat orang kidal!! hebat2! coba coba nulis lagi Val! wuahh..kerenn..kalo nulis tangan kanan bisa gak?" Ketiga : bertanya "Oh..lu kidal ya? kok bisa sih?" meneketehee..kalo tau gw uda nulis buku kayaknya,hehehe..
  • karena temen2 pada tau gw kidal, saat gw memakai tangan kanan dlm melakukan sesuatu, banyak yang terkagum2 gitu. Misalnya gw menggunakan tangan kanan ketika : memainkan alat drumband, keyboard dan sejenisnya (gimana caranya maen piano kidal?), memegang raket badminton, memakai mouse, membagikan kartu, memainkan UNO blocks, makan, ambil barang, BERSALAMAN, ketik sms, dll. Seakan-akan ajaib banget gitu ketika gw melakukan itu semua dengan tangan kanan,ckckck..
  • entah bener atau nggak, penggunaan tangan kata orang-orang kan mempengaruhi fungsi otak mana yang dominan bekerja, nah..gw merasa karena gw kidal, gw terlalu dominan dalam hapal-menghapal dan seni ketimbang hitung-menghitung! ya..cobalah suruh gw ngapalin semua rumus matematik/fisika, dengan mudahnya gw akan apal berbagai rumus, tapi ketika disuruh aplikasiin ke soal, trus diitung2.............bakal lamaaaaaaaaaaaa bgt gw ngerjainnya (bayangkan betapa akrabnya gw dengan nilai 70 kebwah di kolom nilai fisika n mtk sejak TK, terutama sejak SMP). Bener gak sih berpengaruh?? tapi kyknya ada temen gw yang kidal jg mtknya jago deh, hehehe..
  • Sehabis menulis, tangan beserta jari-jemari gw pasti kotor terkena tinta, pensil, tip-ex, demikian pula kertas yang uda gw tulis rapi2 pun seringkali kotor karena kena tangan gw sendiri,hahaha...yang baru2 ini gw paling rasakan penderitaannya adalah ketika ujian di bangku kuliah : menulis 'cerpen' 4 halaman folio dengan tangan tergantung bukanlah keadaan yang nyaman, lebih2 kalo ruangan ujian anda bersuhu dibawah 0° Celcius, tangan bekuuuu (hanya melebih-lebihkan,gak tau juga sih tepatnya berapa,hehehe)
  • etc...
Itulah kehidupan gw sebagai Left-handed Girl, rasa sesal atau malu gak pernah menghinggapi gw selama ini, gw malah bangga karena orang kidal itu jarang..terutama di Indonesia, unik, dan punya berbagai keuntungan tersendiri karenanya. Semoga tulisan kali ini bisa menambah sedikit wawasan pengetahuan luar anda, sekian makanan Snake gw hari ini. Thx a lot buat yang udah mau baca sepanjang ini^-^

nb : baca juga artikel tentang
left-handed di wikipedia.. ternyata Indonesia salah satu negara yg kreatif dalam membuat istilah orang yang cenderung menggunakan tangan kiri, dengan kata kidal, kebot, dsb...

8 komentar:

BankRaff beding mengatakan...

valencia .. valencia ... just be yourself girl ... ahhahahha .. ada pepatah ngomong "anjing menggonggong .., ya kita lari, takutnya ga rante, ntr ngejar lageeeee" yang artinya biarin apa kata orang .., jujur gw agak interest dgn orang yg pake tangan kiri .., kelihatan keren tau ..... ok ...

vlairine mengatakan...

gw bingung raff..mksd lu apa ya?? btw, orang jenis kedua diatas slh satunya adalah anda lho,wkwkwk..

Jawir mengatakan...

postingan yg unik & nambah wawasan gw tentang orang kebot,salah 1 nya ya Anda,hahaha..
btw,gw baru sadar loh banyak benda yg made for right-handed,bahkan bangku kuliah jg,haha..

bene krisna: sukapakesorjan mengatakan...

wuih bagus nih wejangan iinformatif.haha

Anonim mengatakan...

I love u full valent..hahahah
G juga gak sadar looh apa yang lo gunakan pke tgan kiri n kanan lo...hahahha
Soalnya g gak anggep lo kidal ci...bahkan mungkin lopa.. cos.. Valent yah valent apapun kekurangan lo yaah ur my fren.ahahahhah
tar lo ciptain aja bangku kuliah buat org semacam lo.wkwkwk

(Neneng)

vlairine mengatakan...

Adakah yg nyoba liat2 web toko left-handed things?hehehe..

laksono mengatakan...

hmm,, emang agak kaget wkt denger ternyata kamu tu orang kidal. brati, minimal ada 2 orang kidal di Universitas Minangrua, hahaha!!

Megarani Tantoni mengatakan...

Hi, kak Valen *kyknya udh kuliah hehe
Aku suka banget postingan kakak walaupun udh nemuin di bbrp blog. Tp yg paling aku suka itu adalah... pengalaman pribadi kakak sebagai left-handed girl. Dan aku juga ngalamin yg kyk gitu T.T Apalagi tiap masuk sekolah baru, pas nulis di papan siap2 deh diteriakin "Waah kidal!" Btw, I'm a left-handed girl too! kekeke~

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Labels